Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat


Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat

Setiap orang tentunya ingin menjalani kehidupan yang sehat. Kesehatan merupakan hal yang paling mahal harganya. Agar tubuh tetap dalam kondisi sehat perlu menerapkan pola hidup sehat. Mayora Group mendukung Kementerian Kesehatan RI untuk mengadakan Program Germas atau program kampanye gerakan masyarakat hidup sehat.

Dalam hal ini, CEO Mayora menjelaskan bahwa tahun ini akan bekerja sama dengan IDI kembali menggencarkan kampanye ‘Gerakan Indonesia Sehat’. Tujuannya untuk mensosialisasikan pentingnya pemahaman mengenai cara hidup sehat yang benar.

Pola hidup sehat memang memiliki segudang manfaat dan bisa tampak awet muda. Sekarang gaya hidup seperti itu diterapkan banyak orang.

Mulai menjaga pola makan, rajin berolahraga serta tak banyak orang mengurangi stres dari rutinitas sehari-hari untuk travelling ke luar kota. Oleh karena itu, untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Berikut kami sajikan tips yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang.

Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayur
kamu tentu tahu bahwa buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin, zat besi, dan mineral. Nah, jika sebelumnya kamu kurang mengonsumsi dua jenis makanan hasil alam ini, rasanya kamu perlu memperbanyak porsinya untuk membuat tubuh kamu jadi jauh lebih sehat.

Mengonsumsi buah sejatinya bisa kapan saja, di kantor, di perjalanan, di tempat hangout, dan tentunya di rumah. Cukup sediakan buah yang cukup di dalam kulkas untuk kamu konsumsi setiap hari. Pilihlah buah yang paling kamu suka, misalnya apel, pir, dan anggur. Tapi, jangan konsumsi buah yang dikemas dalam kaleng. Sebab, selain banyak nutrisi yang hilang, buah kaleng banyak mengandung gula.

Melatih Stamina dan Fisik Secara Rutin
Kesibukan selalu menjadi kambing hitam bagi banyak orang untuk tidak berolahraga. Padahal, kesibukan tersebutlah yang mengikis kesehatan tubuh secara perlahan. Terlalu banyak duduk, menatap layar komputer atau laptop terlalu lama, dan sedikit bergerak atau melangkah adalah beberapa hal yang dapat menurunkan stamina dan kekuatan fisik seseorang.

Satu hal yang harus dipahami, setiap orang memiliki kesibukan, tapi demi kesehatan, rasanya meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga adalah hal yang sangat bijak. Olahraga yang perlu dilakukan pun tidak harus yang berat, cukup lakukan yang sederhana dan tidak merepotkan, seperti jogging, jalan kaki, dan berenang.

Mendapatkan Vaksinasi untuk Berbagai Penyakit
Semakin hari, semakin banyak jenis penyakit yang dapat menyerang manusia, mulai dari yang ringan hingga berbahaya. Bahkan, tak sedikit penyakit yang belum ditemukan obatnya dan menyebabkan kematian.

Vaksinasi merupakan tindakan pencegahan penyakit dengan memberikan zat yang dapat meningkatkan antibodi. Nah, bagi kamu yang sudah mendapatka vaksinasi, itu tkamunya kamu sudah menerapkannya. Tindakan pencegahan sudah pasti dilakukan di awal. Jadi, semakin dini kamu mendapatkan vaksinasi, semakin kecil pula risiko kamu terjangkit penyakit.

Kelola Stres dengan Baik dan Benar
Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengelola stres, beberapa di antaranya adalah membaca buku, mendengarkan musik, dan traveling ke daerah yang menyenangkan dan menenangkan.

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Lingkungan tempat tinggal kita bisa jadi risiko terbesar dalam penyebaran penyakit. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan debu yang menempel di sekitar kita.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, nyatanya kebersihan tubuh juga harus diperhatikan. Perilaku yang tidak baik seperti tidak mencuci tangan sebelum makan dan jarang mandi merupakan jalan bagi virus dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.