Jumat, 03 Januari 2020

Khasiat dan Manfaat Bahan Utama yang Terkandung Dalam Tolak Angin

 Tolak Angin

Tolak Angin merupakan salah satu jenis jamu yang memang diakui sebagai obat untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis produk tolak angin dipasaran, salah satunya adalah Tolak Angin Bebas Gula yang diperuntukkan bagi mereka yang mengalami common cold atau mereka yang kurang menyukai rasa manis.

Komposisi Tolak Angin bisa dibilang sangat lengkap, beberapa bahan utama yang ada pada tolak angin memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Berikut diantaranya.

Adas (Foeniculi fructus)
Tanaman adas adalah tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman adas sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Salah satu manfaat tanamn ini yaitu merangsang napsu makan, mengobati mulas (sakit perut), kembung, mual, muntah, diare, Meningkatkan penglihatan, Obat batuk, mengobati ambeien, obat sesak napas dan masih banyak lagi.

Jahe (Zingiberis rhizome)
Salah satu manfaat jahe yaitu dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk menambah nafsu makan dan pencernaan. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat gosok untuk penyakit encok dan sakit kepala. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar sebagai obat mulas.

Daun mint (Menthae arvensitis herbal)
Daun mint merupakan sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia. Manfaat dari daun mint diantaranya, Mengatasi mual, gangguan pencernaan, meredakan nyeri otot, mengatasi hidung tersumbat, menghilangkan napas tidak sedap, Meredakan stres dan lain sebagainya.

Daun cengkeh (Caryophylli folium)
Daun cengkeh mempunyai manfaat untuk menyingkirkan kuman pada badan. Dalam daun cengkeh terdapat zat yang bernama eugenol yang berbentuk antiseptik. Selain itu daun cengkeh juga dapat menyembuhkan sakit gigi, menyembuhkan infeksi pernapasan dan menyingkirkan noda sisa jerawat.

Kayu ules (Isorae fructus)
Manfaat kayu ules dianggap sangat baik untuk kesehatan. Kayu ules memiliki berbagai sifat nutrisi dan obat yang sangat luar bias. Tanaman ini mampu mengobati kolik, diabetes,  mengatasi kudis, gastropati, diare dan disentri. 

Madu (Mel depuratum)
Madu atau Mel Depuratum ini merupakan sumber kalori yang siap pakai. Strukturnya yang merupakan gula sederhana menjadikan Madu mudah dicerna sehingga dengan cepat akan menghasilkan tenaga. Dan menurut penelitian, madu hampir memiliki semua unsur yang diperlukan bagi kehidupan.
Reaksi: